Belajar SEO: Definisi dan Pengertian SEO?


SEO (Search Engine Optimization) merupakan teknik untuk meningkatkan urutan pencarian suatu situs terhadap suatu search engine (google, yahoo, bing). Hal ini agar jumlah pengunjung dari situs website meningkat, sehingga situs website dapat dengan mudah ditemukan oleh pengguna internet di seluruh dunia. Ada banyak aspek yang mana menentukan SEO suatu situs website, salah satunya adalah keyword pencarian dari situs website agar dapat ter-index (dikenali) oleh search engine. Terkadang teknik SEO hanyalah masalah bagaimana memastikan situs website terdaftar di search engine.

SEO bukanlah tentang bagaimana mesin pencari mengenali situs website, namun lebih bagaimana membuat situs website menjadi lebih baik untuk dikunjungi.

Dikutip dari Wikipedia mengenai SEO, yaitu:
Optimisasi mesin pencari (Search Engine Optimization / SEO) adalah serangkaian proses yang dilakukan secara sistematis yang bertujuan untuk meningkatkan volume dan kualitas trafik kunjungan melalui mesin pencari menuju situs web tertentu dengan memanfaatkan mekanisme kerja atau algoritma mesin pencari tersebut.
Tujuan dari SEO adalah menempatkan sebuah situs web pada posisi teratas, atau setidaknya halaman pertama hasil pencarian berdasarkan kata kunci tertentu yang ditargetkan. Secara logis, situs web yang menempati posisi teratas pada hasil pencarian memiliki peluang lebih besar untuk mendapatkan pengunjung.
Bisnis dan layanan SEO berkembang pesat seiring dengan pertumbuhan web, yang menyebabkan sebuah situs harus berusaha lebih keras agar alamatnya lebih mudah ditemukan pengunjung di antara jutaan alamat situs lain dari seluruh dunia yang menjadi kompetitornya.

Mesin pencari atau Search Engine merupakan pintu masuk utama, karena pengguna internet tidak lagi sanggup menghafalkan jutaan situs web, dan sebagai gantinya mereka mengandalkan hasil pencarian dari Google, Yahoo!, Bing, dan mesin pencari lain.

SEO sangat penting bagi perusahaan-perusahaan yang mempromosikan produk atau jasa nya melalui internet. Berada pada posisi teratas pada search engine atau setidaknya halaman pertama hasil pencarian untuk subyek tertentu memberikan keuntungan ganda bagi perusahaan:
  • Peluang calon pelanggan mengunjungi situs web mereka menjadi lebih besar. Hal tersebut dapat berlanjut pada meningkatnya tingkat konversi dari pengunjung biasa menjadi pembeli.
  • Berada pada peringkat pertama hasil pencarian memberikan citra dan reputasi yang baik bagi sebuah situs di mata pengunjung.
Mesin pencari pada umumnya tidak mencari keuntungan secara langsung dari hasil pencarian organik. Pendapatan usaha mereka diperoleh dari iklan yang ditampilkan pada bagian atas atau samping hasil pencarian organik tersebut. Perusahaan yang kurang berhasil menerapkan strategi SEO sehingga alamat situsnya tidak berada pada posisi teratas dalam hasil pencarian organik masih dapat memperoleh pengunjung dengan beriklan pada mesin pencari tersebut.

Referensi Artikel didapatkan dari:
http://id.wikipedia.org/wiki/Optimisasi_mesin_pencari
http://moz.com/beginners-guide-to-seo

0 comments:

Posting Komentar

Dapatkan artikel via Email!

Jika menyukai artikel yang dimuat pada weblog ini, silahkan daftarkan melalui email untuk mendapatkan langganan artikel terbaru yang dibuat. Semua artikel akan secara otomatis dikirimkan ke email yang didaftarkan! GRATIS!