Waktu untuk sendiri atau Me Time

Setiap orang pasti membutuhkan waktu untuk sendiri, entah hanya sekedar untuk bersantai atau untuk memikirkan hal-hal pribadi. Aktivitas setiap hari yang penat akan menumbuhkan rasa bosan dan jenuh, seperti halnya ngampus tiap hari. Di kampus kalo ga ketemu dosen yang seenaknya dewek ya paling ketemu temen yang semaunya dewek. Makanya butuh banget waktu untuk memanjakan diri sendiri atau yang biasa disebut Me Time.

Ada banyak cara sih untuk menikmati Me Time, salah satunya dengan pergi ketempat sejuk seperti ke Taman, Gunung, Hutan, dan masih banyak tempat adem yang  bisa bikin fresh. Tapi tentunya tiap orang memiliki beda-beda cara untuk menikmati Me Time.

Tapi apa pentingnya sih waktu buat sendiri alias “me time” ini? Bukankah ini tanda awal dari malas-malasan? Tidak sama sekali. Menyendiri buka pertanda kamu malas, gak peduli, atau lagi stres. Malah dengan menghabiskan waktu sendirian kamu bisa jadi lebih kreatif dan produktif. Berikut ini beberapa alasan mengapa kamu harus mendapatkan porsi “me time” yang cukup:

1. Otak Kamu Akan Lebih Fresh

Terus-terusan bekerja bikin otak kamu gak punya kesempatan untuk beristirahat dan kembali segar. Agar pikiranmu kembali fokus, kamu butuh “me time” tanpa gangguan sedikit pun. Kesendirian mampu merevitalisasi tubuh dan pikiran kamu.

2. Meningkatkan Konsentrasi Dan Produktivitas

Jika kamu mampu menyingkirkan gangguan dan gak terdistraksi lagi oleh banyak hal, konsentrasi kamu akan meningkat tajam. Dengan begitu kinerjamu juga meningkat. Kamu pun bisa menyelesaikan lebih banyak tugas dalam waktu yang lebih singkat saat sendirian.

3. Kamu Bisa Temukan Kembali Apa Yang Kamu Mau

Ketika kamu berada dalam kelompok, selalu ada kemungkinan buatmu untuk ngikut aja dengan suara mayoritas. Apa yang dikerjakan dan dikatakan banyak orang akan rela kamu ikutin. Lain halnya jika kamu sedang sendirian, Dalam kasus ini, cuma kamu yang berkepentingan. Kamu bisa berkomunikasi dengan dirimu sendiri, dan menemukan kembali apa yang kamu mau. Kamu bisa kembali mengeluarkan pendapat tanpa khawatir ada tekanan dari pihak lain.

4. Kamu Punya Kesempatan Untuk Mikir Matang-Matang

Kesibukan sehari-hari bikin jadwal kamu seakan gak pernah kosong. Luangkan waktu untuk berdiam dalam kesendirian, berpikir secara mendalam tentang apa yang telah kamu capai dan apa yang masih ingin kamu raih.

5. Kamu Jadi Bisa Memecahkan Masalah Dengan Efektif

Sulit rasanya untuk membereskan masalah jika kita terus-menerus diganggu oleh terpaan arus informasi, baik dari media maupun dari manusia. Tanpa sadar, keputusan yang kamu ambil akan dipengaruhi oleh apa yang terjadi di luar sana. Namun jika kamu mau meluangkan waktu sendirian dan melihat masalah dari sudut pandangmu sendiri, kamu bisa menemukan cara yang menurutmu paling efektif dalam meredakan dan menghilangkan masalah.

6. Meningkatkan Kualitas Hubungan Kamu Dengan Orang Lain

Dengan menghabiskan waktu sendirian kamu akan memperoleh pemahaman yang lebih dalam tentang hidup. Kamu akan bisa membuat keputusan yang bijak: dengan siapa kamu memang ingin menghabiskan waktu? Jika dipikir-pikir sendirian, kamu akan lebih menghargai hubungan yang sedang kamu saat ini.

7. Mengurangi Stres

Semua orang bisa jadi stres. Kerjaan, sekolah, keuangan, dan jadwal yang super padat bisa jadi penyebabnya. Stres yang berlebihan bisa bikin kamu capek dengan kerjaan dan akhirnya kamu mentok dan burn out. Akibatnya, kamu gak bakal bisa ngelanjutin kerjaan. Makanya, luangkan sedikit waktu untuk tenang sendirian.

8. Jadi Lebih Kreatif

Kita jadi lebih kreatif saat sendirian. Tanpa sadar inspirasi dan ide datang saat kamu benar-benar merenung tanpa distraksi dari luar. Penulis pemenang penghargaan Pulitzer, John Updike (yang menulis sekitar 51 buku), mengatakan bahwa berdiam sendirian adalah waktu yang ideal untuk dia menulis.

Nah, terus gimana cara untuk mendapatkan Me Time? Baca Cara Untuk Menikmati Me Time

Referensi Artikel didapatkan dari:
http://www.hipwee.com/inspirasi/alasan-mengapa-kita-butuh-time-dan-gimana-cara-mendapatkannya/

0 comments:

Posting Komentar

Dapatkan artikel via Email!

Jika menyukai artikel yang dimuat pada weblog ini, silahkan daftarkan melalui email untuk mendapatkan langganan artikel terbaru yang dibuat. Semua artikel akan secara otomatis dikirimkan ke email yang didaftarkan! GRATIS!